Sejarah Singkat Satuan Lembaga PAUD TK Islam Intan Cendekia

TK Islam Intan Cendekia didirikan pada tanggal 9 Januari 2019 dibawah naungan Yayasan Pendidikan Intan Cendekia dengan Akta Notaris No 1 Tanggal 3 Januari 2019 dan SK Kemenkum HAM No AHU-0000148.AH.01.04 TAHUN 2019. Tokoh yang paling berjasa dalam pendirian TK Islam Intan Cendekia adalah Pasangan Suami Istri yaitu Dr. Sutarto, S.Pd., M.Pd dan Dr. Intan Dwi Hastuti, S.Pd., M.Pd. Pasangan suami istri ini merupakan Dosen Tetap IKIP Mataram dan Muhammadiyah Mataram merasa prihatin melihat banyak anak Lingkungan Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota matarama yang berusia 4 – 6 tahun belum ada aktivitas belajar di TK, di karenakan TK AL Faruq yang berada di lingkungan tersebut sudah tidak aktif sejak 2017.

Keinginan mendirikan TK semakin kuat setelah membaca berita media online. Lingkungan Geguntur termasuk dalam kategori kawasan miskin perkotaan dan termasuk wilayah padat penduduk, bahkan sampai pada Desember 2015 memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.750 jiwa, dari jumlah penduduk yang ada, jumlah kepala keluarga (KK) pra sejahtera dan sejahtera satu sebanyak 94,26 persen. Sedangkan angka partisipasi penduduk usia sekolah juga rendah, dimana penduduk tidak tamat SD sampai tamat SD dan SLTP sebesar 91,80 persen (Berita Online kicknews.today Tahun 2016). Di media Suara NTB Tahun 2016, kelurahan Jempong Baru masuk dalam kelurahan yang masih menjadi kawasan kumuh (https://www.suarantb.com/).

Dengan semangat ingin mendidik anak menjadi anak yang berkarakter, cerdas, kreatif dan berbudaya, maka kedua pasangan tersebut berusaha menyiapkan semua syarat untuk bisa mendapatkan izin operasional dari Dinas Pendidikan Kota Mataram. Usaha kedua doktor yang juga sebagai Asesor PAUD dan PNF membuahkan hasil dengan keluarnya Izin Operasional dari Dinas Pendidikan Kota Mataram NO: 421.9/1678.a/Disdik.B2/VII/2019. Selanjutnya kami terus berbenah untuk dapat mewujudkan visi yaitu “Menjadi TK Unggul Dalam Pengembangan Karakter, Kecerdasan, dan Budaya”.