Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Seni Budaya dengan Menggunakan Audio Visual

Triyanto Triyanto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas X APHP 2. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar seni budaya peserta didik kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase motivasi dan hasil belajar peserta didik pada tiap siklusnya. Pada siklus I persentase motivasi belajar peserta didik sebesar 65,45%, kemudian pada siklus II mencapai 78,38%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai tes peserta didik yang mencapai ketuntasan. Dari 36 peserta didik, yang mencapai nilai sesuai KKM ke atas pada siklus I sebanyak 21 orang atau sekitar 58,33%, kemudian pada siklus II mencapai 32 orang atau sekitar 88,89%. Dengan demikian, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran seni budaya kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan.



Keywords


Motivasi, Hasil belajar, Audio visual

References


Arief S. Sadiman, dkk. (2005). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Depdiknas. (2003). Undang-undang Tentang Sisdiknas dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Tamita Utama.

Kemmis, Stephen & Robin Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Sunarno, A. (2017). Efektivitas Media Audiovisual Dan Media Berbasis Teks (Cetakan) Terhadap Hasil Belajar Chest Pass. Jurnal Penjakora, 2(1), 16-27.

Syahyudin, D. (2019). Pengaruh gadget terhadap pola interaksi sosial dan komunikasi siswa. Gunahumas, 2(1), 272-282.

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh penggunaan media bervariasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103-107.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v5i1.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 triyanto triyanto

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.