PENGARUH TEKNIK KONSELING ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI SISWA

Aluh Hartati, Hariadi Ahmad

Abstract


Masa remaja adalah masa dimana lebih  matangnya mental, kematangan emosinya serta fisik yang semakin tumbuh seperti siswa yang takut berpendapat jujur dengan perasaannya, tidak terbuka, tidak menghargai pendapat temannya sehingga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, oleh karena itu peneliti menggunakan teknik Assertive Training untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan mengenai pengendalian emosi tersebut.Berdasarkan masalah diatas rumusan maslah yang diambil adalah apakah Ada Pengaruh Teknik Konseling Assertive Training Terhadap Pengendalian Emosi Siswa. Dengan tujun untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Teknik Konseling Assertive Training Terhadap Pengendalian Emosi Siswa. Populasi dalam penelitian ini adlah 54 siswa, penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling.sampel yang ditemukan berjumlah 10 siswa.Penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai metode pendukung. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis t hitung sebesar 7,856 dengan nilai t table pada taraf signifikan 5% dengan d.b (N-1) = 9 sebesar 2,262. Dengan demikian nilai t hitng lebih besar dari pada nilai t tabel (7,856>2,262).Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh konseling teknik assertive training terhadap pengendalian emosi siswa. Artinya hasil penelitian ini signifikan.

References


Bimo,Walgito B. 2014. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta

Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fatimah E.2010 Psikologi Perkembangan, Bandung

Hurlock, E.B.2007. Perkembangan Anak, Jakarta: Eirlangga

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah: Mataram.

Kartikawati Ita B.2018. Pengaruh Assertive training terhadap interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Lingsar. Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan Ilmu Pendidikan.

Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang Umm Press

Nurhayati. L. 2017. Hubungan Antara PengendalianEmosi Dengan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Paada Remaja Penyandang Tuna Daksa Pasca Kecelakaan di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Dini Daksa.Fakultas Ushuluddin dan Dakwah institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Nurniningsih. 2018. Hubungan Antara Kemampuan Pengendalian Emosi dengan Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 18 Mataram. Fakultas Ilmu Pendidika Institut Keguruan Ilmu Pendidikan.

Prafitasari J. 2017. Efektipitas Assertive training Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pratmoko, DS. 2010. Upaya meningkatkan pengendalian emosi melalui layananbimbingan kelompok Pada Remaja dipanti Asuhan Yayasan Al-hidayah Desa Sedel-Sadel Kecamatan GunungPati. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas NegeriSemarang.

Prayitno dan Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta:PT Bineka Cipta

Purwanto E. 2009. Psikologi Marah. Bandung: Refika Aditawa

Saifuddin A.2012. Reabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sarwono.W, Sarlito. 2010. Pengantar Pendidikan Umum. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.

Singgih. G.2011. Konseling dan Psikoterapi modifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Libri

Sugiyono, 2014.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Kota: Alfabeta.

Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT RinekaCipta.

Sulastri F. 2016. Bentuk Layanan Bimbingan an Konseling di MAN Laboratorium UIN Jogyakarta. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,

Triratnasari. 2014. Hubungan Antara Kemampuan Pengelolaan Emosi dengan Prilaku Agresif Peserta Didik

Willis. 2014. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung

Winkell,W.S. 2014. Bimbingan dan Konseling Literasi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Yusuf S dan Juntika N. 2005. Landasan bimbingan dan konseling. PT Remaja Rosdakarya Offset-Bandung.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v4i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aluh Hartati, Hariadi Ahmad

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.