Upaya Meng Efektifkan Belajar Melalui Metode Tanya Jawab Diskusi Dan Ceramah Dalam Mata Pelajaran Matematika Vi Sekolah Dasar Negeri 190/Iii Pondok Siguang.

Melinda Yusri Rizki, Rian Novita, Evrina Evrina

Abstract


Sebagai guru kelas sepantasnya sekolah dasar menguasai pengetahuan dalam mengelola pembelajaran dikelas dimanapun tempat tugasnya agar pembelajaran yang disajikan dapat diterapkan oleh siswa dengan baik. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan di kelas VI untuk mata pelajaran matematika di sekolah dasar negeri 190/III Pondok Siguang. Adapun karakter siswa di sekolah dasar negeri 190/III Pondok Siguang untuk kelas VI dimana pada umumnya orang tua siswa bermata pencaharian Bertani dan dimana siswa sepulangnya dari sekolah harus membnatu orang tuanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan sebanyak tiga kali siklus, didapatkan hasil yang cukup memuaskan, terutama pada asek timgkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. materiPenguasaan dan penggunaan siswa terhadap materi ini dapat diketahui berdasarkan hasil test evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir proses pembelajaran, hasil test ini dapat dilihat pada table tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. Efektivitas pembelajaran dapat dilihat dari hasil pembelajaran/prestasi yang diperoleh siswa. Dalam hal ini terlihat pada setiap siklus dimana efektifitas penggunaan metode pemberian, tanya jawab, ceramah dan diskusi maka hasil yang diperoleh siswa telah memperlihatkan perubahan pada setiap siklus. Sementara pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada masalah rendahnya perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang diajarkan (disajikan). Rendahnya kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru dan rendahnya minat siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah memperlihatkan kemampuan yang sangat memuaskan. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil pengamatan (Observasi) selama proses pembelajaran berlangsung.



DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v5i2.408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Melinda Yusri Rizki, Rian Novita, Evrina Evrina

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.