Sejelo Nyambang Desa Sebagai Solusi Melemahnya Sistem Pelayanan Publik di Kecamatan Lingsar Lombok Barat

Taufiqqurrahman Taufiqqurrahman, Amriani Amriani

Abstract


Pelayanan merupakan tugas utama bagi aparatur negara sebagai abdi negera dan abdi masyarakat, tugas ini secara jelas telah digambarkan dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke 4 yang berbunyi “ suatu pemerintahan negera indonesia yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan sumbangan dalam kajian ilmu komunikasi khususnya yang berkaitan dengan penggunaan strategi komunikasi (perencanaan komunikasi dan menejemen komunikasi) dalam mengimplementasikan suatu program kemasyarakatan terutama program-program yang berbasis pelayanan publik. Untuk informan dipilih dengan cara purposive sampling, adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif untuk mendapatkan datanya, kemudian untuk pengumpulan datanya menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa ada strategi komunikasi organisasi yang dilakukan oleh camat lingsar, strategi itu didapati dari proses prencanaan, penyususnan program, penganggaran, aksi komunikasi dan adanya evaluasi selama proses pelaksanaan program sejelo nyambang desa ini dilakukan.

Keywords


Sejelo Nyambang Desa, Pelayanan Publik, kacamatan lingsar

References


Faturrahman H. L. 2015. Pengantar Metode Penelitian Ilmu Sosial/ Komunikasi. Fakultas ilmu social dan ilmu politik universitas 45 mataram.

Suryana. 2010. Metode Penelitian: Model Praktid Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia

Setyawan, Dodiet Aditya. 2010. Metodelogi Penelitian: data dan metode Pengumpulan data penelitian. Surakarta.________

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif dan R&D, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan

Rahman K. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang. Kencana Prenada media Group.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v4i2.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Taufiqqurrahman Taufiqqurrahman, Amriani Amriani

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.