Implementasi Pendidikan Agama Islam untuk Mendukung Perkembangan Aspek Sosial Emosional Siswa TK Islam Intan Cendekia

Saimun Saimun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan agama islam dalam mendukung perkembangan aspek sosial emosional dan metode yang digunakan dalam implementasi pendidikan agama islam untuk mendukung perkembangan aspek sosial emosional siswa TK Islam Intan Cendekia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggali dan memperoleh data yang akurat dan objektif. Analisis data kualitatif yang dilakukan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan agama islam di TK Islam Intan Cendekia sudah dilaksanakan, terlihat dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu: (1) perencanaan pembelajaran yang termuat dalam RPPM dan RPPH; (2) pelaksanaan pembelajaran yang disisipkan dalam kegiatan belajar sehari-hari yang terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (3) evaluasi perkembangan peserta didik dengan memberikan penilaian perkembangan aspek sosial emosional dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah yang dilakukan oleh guru. Metode yang digunakan oleh guru untuk mendukung perkembangan aspek sosial emosioanal yaitu metode pembiasaan, menghafal, bernyanyi, karyawisata, menggambar bercerita, bermain.

References


Arifin, M. 2011. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

El-Khuluqo, Ihsana. 2015. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: Remaja Rozdakarya.

Herdiansyah, Haris. 2011.Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Laily, Fitria. 2014. Penerapan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di PAUD Az-Zahra Desa Semarum Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Tulungagung.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosdakrya.

Mursid. 2016. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Mahfud, Rois. 2011. Al-Islam:Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Nasional. Jakarta . 2005.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v4i2.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 saimun saimun

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.