Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di MI NW Tanak Beak

Ahmad Zainul Irfan, Ni Ketut Alit Suarti, M. Samsul Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di MI NW Tanak Beak, mendeskripsikan hambatan pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, mendeskripsikan usaha-usaha yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan perpustakaan sebagai sumber belajar di SD MI NW Tanak Beak Batukliang Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek Kepala Sekolah, Pengelola Perpustakaan, Guru dan Siswa. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di MI NW Tanak Beak terlaksana dengan cukup baik, hal tersebut didukung adanya sarana dan prasarana perpustakaan yang cukup memadai, pelayanan perpustakaan sekolah, dan sumber daya manusia. Pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sekolah telah menjadi sumber belajar yang dilakukan oleh guru dan siswa dengan adanya program kunjungan wajib kelas. Hambatan dalam pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di MI NW Tanak Beak ada hambatan internal dan hambatan eksternal. Usaha-usaha untuk mengatasi hambatan pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar MI NW Tanak Beak dapat diatasi dengan cara: pertama, sekolah melakukan kunjungan kelas pada jam istirahat untuk berkunjung ke perpustakaan untuk membaca. Kedua, bekerja sama dengan orang tua siswa yang berada diluar untuk ke perpustakaan. Ketiga, memaksimalkan tenaga untuk mengelola perpustakaan oleh guru. Keempat, mengajak siswa untuk gemar membaca. Kemudian siswa yang malas ke perpustakaan diusahakan pemberian motivasi dan adanya reward. Kelima, penambahan koleksi bahan pustaka yaitu buku penunjang.

References


Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta Selatan: Referensi

Kharis Mas’um, Muhammad. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 1 Pogung Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v4i2.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 akbar irfan gazaly, Bedriati Ibrahim, Suroyo Suroyo

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.