PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Lalu Jaswandi, M. Chairul Anam, I Ketut Sukarma

Abstract


Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang selalu dikaitkan dengan dunia pendidikan terutama dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain memiliki peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, matematika juga memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. self efficacy matematika siswa masih tergolong rendah. Guru telah berusaha menguranginya dengan cara memberikan soal yang berbeda pada siswa, akan tetapi usaha guru tersebut belum dapat meningkatkan self efficacy siswa. Hal ini dapat terlihat dari masih banyak siswa yang mengerjakan PR di sekolah dan menyontek PR teman.Banyak siswa yang menyontek kepada temannya yang dianggap lebih pintar ketika ujian. Siswa lebih meyakini jawaban yang dikerjakan oleh temannya. Siswa yang mempunyai self efficacy yang tinggi merupakan siswa yang mempunyai keyakinan, ketegasan, dan bersedia mengambil resiko dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Mereka yakin dalam mengerjakan tugas yang dianggap lebih sulit dan yakin dengan hasil pekerjaannya. Berbeda dengan siswa yang memiliki self efficacy rendah, mereka takut untuk mengerjakan tugas karena tidak yakin dengan hasil pekerjaannya sehingga menimbulkan keinginan untuk menyontek pekerjaan temannya. Peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen dikarenakan dalam pembelajaran di kelas menggunakan modul matematika. Modul matematika merupakan bahan ajar yang sistematis, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dapat meningkatkan kemandirian siswa.

References


Anshari, H. (2017). Pengaruh pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik dan self-efficacy siswa SMP taman harapan Medan

Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal ∑igma. Universitas Madura, 1(2), 64–68

Yunianti. 2016. “Pengaruh model pembelajaran dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Parigi. Dari http://jurnal.untad.ac.id.

Garderen, D. 2004. Reciprocal Teaching Compr ehension Strategy For Understanding Mathematical Word 3UREOHPV¥. Reading and Writing Quarterly. New York: Taylor & Francis Group.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.

Ayotola, A., & Adijeje, T. (2009). The Relationship Between Mathematics Self-Efficacy and Achievement in Mathematics. World Conference Education Science, 953- 957.

Alfia, N. N dan Rakhmawati, I.A (2018). Kajian Kemampuan Self-Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI

Rahayu, dkk. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Terbuka.

Pradja, B.A dan , Firmansyah, M. A. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 2, Hal. 159-166.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013.

Fitri, I. 2017. Peningkatan self efficacy terhadap matematika Dengan menggunakan modul matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1, No. 2`




DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v4i1.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 lalu jaswandi lalu jaswandi

Creative Commons License
JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia p-ISSN (print) 2722-8134, e-ISSN (online) 2620-8466 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.