PENYULUHAN PENDIDIKAN STOP PERNIKAHAN DINI “Kebahagiaan Sementara Sengsara Sepanjang Masa”

Dewi Rayani, Ni Ketut Alit Suarti, M. Arief Rizka, Ahmad Zainul Irfan, Mustakim Mustakim

Abstract


Pernikahan merupakan hal yang lumrah terjadi dan bahkan suatu hal yang sangat penting dilakukan oleh seorang insan untuk membentuk keluarga sejahtera yang bahagia dan merupakan legalitas yang dilakukan oleh seorang individu untuk memiliki keturunan. Namun pernikahan akan menjadi masalah apabila tidak ada berbagai pertimbangan dalam melaksanakanya. Karena pernikahan sejatinya direncanakan untuk jangka panjang. Dan untuk telaksananya pernikahan yang bahagia dan berlangsung dalam jangkawaktu yang panjang maka dibutuhkan kesiapan secara psikis dan fisik yang cukup matang. Metode pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini menggunakan pengarahan dan diskusi terbuka dengan anggota masyarakat , komunitas desa dan aparat desa. Serta melibatkan mahasiswa KKN IKIP Mataram pada periode tersebut. Pelaksanaan kegiatan pengabdian  pada masyarakat yang dilakukan oleh tim FIP IKIP mataram berjalan dengan lancar, dengan memberikan penyuluhan pencegahan pernikahan dini dikalangan masyarakat dan omunitas desa montong belae kecamatan keruak Lombok timur  dengan diadakan penyuluhan ini warga dapat menyadari bahaya dan danpak negative  dari pernikahan pada usia dini. Alternative penyuluhan pada masyarakat merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan agar dapat memberikan kesadaran akan danpak pernikahan dini dikalangan masyarakat.


References


LPPM IKIP Mataram. (2019). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Internal IKIP Mataram Tahun 2018.

Ristekdikti. (2017). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI Tahun 2017. Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Desmita. (2005) Psikologi Perkembangan. Bandung . PT Remaja rosda karya

Fisher, K. J., Li, F., Michael, Y., & Cleveland, M. (2004). Neighborhood-Level Influences on Physical Activity Among Older Adults: A Multilevel Analysis. J Aging Phys Act, 12(1), 45–63. https://doi.org/10.1123/japa.12.1.45

Pearson, E., Speizer, I.S. (2011). Associaton between early marriage and intimate partner vilolence in India: a focus on youth from Bihar and Rajasthan. Journal Interpers Violence. 26(10).

Schlecht, B. J., dkk., (2013). Early Relationships and Marriage in Conflict and Post-conflict Settings : Vulnerability of Youth in Uganda Early relationships and marriage in conflict and post-conflict settings : vulnerability of youth in Uganda, (June). https://doi.org/10.1016/S0968-8080(13)41710-X




DOI: https://doi.org/10.47165/intancendekia.v1i2.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ahmad zainul Irfan

Creative Commons License
Intan Cendekia (Jurnal Pengabdian Masyarakat), e-ISSN (online) 2722-7766