TK Islam Intan Cendekia mengadakan kegiatan Diskusi Parenting, Jum’at (02/20) di Aula TK Islam Intan Cendekia Kota Mataram. Hadir sebagai Narasumber Nuraeni, S. Pd., M. Pd Pakar Pendidikan Keluarga dari Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) Mataram. Kegiatan yang dihadiri oleh para Orang Tua Siswa, pengurus yayasan, dan Guru TK Islam Intan Cendikia ini mengulas tentang pengasuhan positif dalam rangka membangun kerjasama antara orang tua dan guru dalam pengasuhan anak, sehingga potensi anak dapat tereksplorasi dan terasah dengan baik.

Nuraeni dalam materinya menyampaikan, bahwa tema ini penting untuk diketahui dan dipahami oleh orang tua karena masa depan bangsa Indonesia 10 – 20 tahun lagi sangat ditentukan oleh generasi muda saat ini, orang tua yang berkualitas adalah ujung tombak keberhasilan seorang anak dalam memahami jati dirinya, orang tua juga harus meningkatkan kualitas dirinya melalui banyak cara. Disampaikan juga, bahwa lingkungan terkecil dan yang memberikan banyak pengaruh terhadap anak adalah lingkungan keluarga. Selain itu, lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat menjadi pelaksana dan media dalam melakukan pengasuhan positif, paparnya.

Menurut Nureni, pengasuhan positif untuk anak sangat memberikan manfaat untuk anak, karena mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak, mampu mendeteksi kelainan tumbuh kembang anak,  mencegah anak dari perilaku menyimpang dan meningkatkan kualitas interaksi anak dengan orang tua. Oleh sebab itu, orang tua perlu memiliki banyak peran seperti memenuhi kebutuhan anak akan makanan bergizi dan sehat, menanamkan nilai moral dan nilai – nilai agama pada anak, membangun kekuatan emosional, memenuhi kebutuhan kasih sayang, menumbuhkan perilaku saling menghargai, toleransi, cinta kasih, kerjasama dan tanggung jawab.

Dr. Intan Dwi Hastuti, M. Pd. selaku Ketua Yayasan Pendidikan Intan Cendekia menyampaikan, bahwa kegiatan parenting seperti ini sangat perlu dilakukan karena masa depan bangsa sangat ditentukan oleh generasi muda,  di mana tumbuh kembang anak akan maksimal jika dididik oleh orang tua yang berkualitas. Selain itu, disampaikan juga ucapan terima kasih oleh keluarga besar yayasan pendidikan intan cendekia kepada Narasumber yang sudah memberikan ilmu yang bermanfaat untuk siswa TK Islam Intan Cendekia, orang tua siswa, dan guru-guru di TK Islam Intan Cendekia. Semoga kedepannya dapat melaksanakan kegiatan parenting dengan skala yang lebih luas, tutup Intan Dwi Hastuti.